• Oktober 27, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Jelaskan Pengertian Apresiasi Seni Rupa! (Sumber: Pixabay)
Salah satu seni yang umum ditemukan di Indonesia adalah karya seni rupa. Pengertian seni rupa adalah wujud dari budaya yang berasal dari pemikiran atau perasaan manusia yang tidak memiliki batas. Jelaskan pengertian apresiasi seni rupa!

Istilah apresiasi berasal dari bahasa latin, yaitu appretiatus yang berarti penghargaan atau penilaian terhadap sesuatu. Adapun kata appreciate dalam bahasa Inggris juga memiliki arti melihat, menentukan nilai, menikmati, menyadari, keindahan, serta menghayati sesuatu. Begitu juga apresiasi seni rupa yang menjadi sebuah bentuk pengakuan.

Jelaskan Pengertian Apresiasi Seni Rupa!

Ilustrasi Jelaskan Pengertian Apresiasi Seni Rupa! (Sumber: Pixabay)

Apresiasi seni rupa merupakan suatu bentuk pengakuan, penghargaan, atau penilaian untuk sebuah karya seni berupa objek yang dapat dinikmati dengan melihat dan merasakannya. Dikutip dari buku Pembelajaran Seni Rupa untuk Anak Usia Dini, Lisa Aditya dan Pertiwi Kamariah (2021: 8), pengakuan dari setiap orang akan berbeda terhadap suatu objek seni rupa.

Adapun bentuk apresiasi seni juga tidak hanya sekadar menilai suatu karya seni saja, tetapi juga dapat mengapresiasi sesuatu yang di lingkungan sekitar. Misalnya, ketika seseorang ingin membeli baju di sebuah tokoh, orang tersebut tentunya akan memilih salah satu baju untuk dibeli dari sekian banyak pilihan baju yang telah disodorkan penjual. Hal tersebut menunjukkan bahwa orang tersebut telah melakukan suatu apresiasi.

Agar lebih paham, berikut adalah tiga jenis apresiasi terhadap karya seni yang dapat dilakukan:

Setiap orang dapat melakukan apresiasi terhadap karya seni rupa, baik secara pasif maupun aktif. Semoga penjelasan terkait jawaban dari pertanyaan jelaskan pengertian apresiasi seni rupa di atas dapat bermanfaat! (CHL)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *