• Oktober 25, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Salah Satu Faktor Interaksi Desa dan Kota. Foto: dok. Unsplash/Andreas Gücklhorn
Soal “jelaskan salah satu faktor interaksi desa dan kota” merupakan salah satu soal latihan yang dipelajari dalam mata pelajaran Geografi. Dalam materi ini, siswa diajarkan terkait faktor pendukung yang dapat membuat interaksi antara desa dan kota.

Salah satu faktor yang yang dapat mendorong adanya interaksi antara zona desa dan kota adalah adanya wilayah yang saling melengkapi kebutuhan satu sama lain.

Penjelasan Salah Satu Faktor Interaksi Desa dan Kota Lengkap

Ilustrasi Salah Satu Faktor Interaksi Desa dan Kota. Foto: dok. Unsplash/Tom Fejér
Mengutip buku berjudul Perencanaan Desa Terpadu, Gunawan Prayitno (2022), zona interaksi desa dan kota merupakan ruang di mana terjadinya hubungan timbal balik antara desa dan kota. Hubungan timbal balik dapat menyebabkan adanya kegiatan dan permasalahan baru, baik secara positif maupun negatif.

Interaksi antara desa dan kota dapat dipengaruhi oleh berbagai aspek, namun salah satu faktor pentingnya adalah jarak hingga pusat kota. Jelaskan salah satu faktor interaksi desa dan kota!

Salah satu faktor interaksi desa dan kota adalah adanya wilayah yang saling melengkapi. Faktor ini muncul karena terdapat beberapa wilayah yang saling membutuhkan satu sama lain. Misalnya, daerah A membutuhkan sumber daya X yang hanya tersedia di wilayah B. Hal tersebut membuat interaksi antara desa dan kota terjadi.

Selain faktor tersebut, faktor pendukung interaksi antara desa dan kota secara lengkap dibahas dalam buku berjudul Cerdas Menjawab Soal Geografi SMA/MA, Jaka Firman Purnama (2019: 206), terdapat beberapa faktor pendorong interaksi desa dan kota yang berlaku, antara lain:

1. Adanya Wilayah-Wilayah yang Saling Melengkapi (Regional Complementarity)

Berarti antar wilayah desa dan kota memiliki sumber daya alam yang berbeda antara satu sama lain. Daerah ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu daerah surplus yang berperan sebagai penyediaan wilayah yang memiliki kekurangan sumber daya alam sebagai wilayah yang membutuhkan sumber daya.

2. Adanya Kesempatan untuk Berintervensi (Intervening Opportunity)

Berarti wilayah tersebut memiliki kesempatan untuk saling intervensi atau saling melakukan hubungan tanpa ada wilayah lain yang membatasi. Hal ini didukung dengan adanya alternatif pengganti SDA yang dibutuhkan suatu daerah

3. Adanya Kemudahan Transfer Atau Pemindahan dalam Ruang (Spatial Transfer Ability)

Merupakan kemudahan proses pemindahan suatu kebutuhan dalam ruang baik manusia, informasi maupun barang. Faktor ini dipengaruhi oleh jarak tiap-tiap wilayah, biaya transportasi, dan aksesibilitas atau kelancaran sarana prasarana transportasi antar wilayah.

Adanya interaksi antara kota dan desa memberikan dampak khusus, seperti terjadinya urbanisasi, peningkatan perekonomian desa, adanya peningkatan hubungan antara desa dan kota, serta adanya penetrasi budaya kota ke desa.

Dengan pembahasan “jelaskan salah satu faktor interaksi desa dan kota” yang disajikan dalam artikel ini, siswa dapat memahami betul seperti apa faktor yang dapat memengaruhi adanya interaksi yang terjadi antara desa dan kota. (DAP)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *