• Oktober 26, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Apa yang Dimaksud dengan Smash. Foto: dok. Unsplash/Muktasim Azlan
Ilustrasi Apa yang Dimaksud dengan Smash. Foto: dok. Unsplash/Muktasim Azlan

Soal “jelaskan apa yang dimaksud dengan smash dalam olahraga” merupakan materi dipelajari dan dibahas dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Dalam materi ini, siswa diajarkan terkait apa itu istilah smash.

Penggunaan istilah smash banyak ditemukan dalam berbagai macam olahraga cabang permainan. Contohnya seperti permainan bulu tangkis dan bola voli. Untuk melakukan smash, dibutuhkan teknik khusus agar smash berhasil.

Penjelasan tentang Apa yang Dimaksud dengan Smash Lengkap

Ilustrasi Apa yang Dimaksud dengan Smash. Foto: dok. Unsplash/Chino Rocha
Ilustrasi Apa yang Dimaksud dengan Smash. Foto: dok. Unsplash/Chino Rocha

Dalam mata pelajaran Olahraga, siswa diperkenalkan berbagai macam istilah yang umum digunakan dalam permainan atau pertandingan olahraga, salah satunya adalah smash. Jelaskan apa yang dimaksud dengan smash!

Smash merupakan istilah untuk melakukan pukulan yang cepat dan diarahkan ke bawah area lapangan lawan. Pukulan smash dilakukan dengan sangat kuat dan tajam sehingga tak jarang smash dapat mematikan lawan.

Selain mematikan lawan, smash juga memberikan poin bagi tim yang melakukannya. Smash dapat dilakukan dalam beberapa permainan. Contohnya seperti permainan bulu tangkis dan bola voli.

Smash dalam Permainan Bola Voli dan Bulu Tangkis

Ilustrasi Apa yang Dimaksud dengan Smash. Foto: dok. Unsplash/J. Schiemann
Ilustrasi Apa yang Dimaksud dengan Smash. Foto: dok. Unsplash/J. Schiemann

Mengutip buku berjudul Kontribusi Kekuatan Otot Tungkai, Koordinasi Mata-Tangan-Kaki dan Kelentukan Togok Terhadap Hasil Smash Bola Voli, Gilang Nuari Panggraita, dkk (2022), smash dalam permainan bola voli dapat didefinisikan sebagai pukulan yang utama dalam upaya penyerangan agar bola sulit untuk diterima lawan.

Tahapan smash dapat dimulai dari sikap awalan, tolakan untuk melompat, gerakan memukul saat melayang di udara dan mendarat. Untuk melakukan gerakan smash dibutuhkan koordinasi, kekuatan otot dan ketepatan dalam melakukan gerakan smash.

Hampir mirip dengan smash pada permainan bola voli, smash dalam permainan bulu tangkis juga dilakukan dengan pukulan keras yang bersifat menyerang

Dikutip dari buku Buku Jago Bulu Tangkis, Muhammad Rinaldi (2020: 63), smash adalah jenis pukulan overhead atau di atas kepala dengan tujuan mengarahkan kok menukik tajam ke daerah lawan dan dilakukan dengan kekuatan penuh.

Pukulan smash berarti ingin mengakhiri permainan dengan perolehan poin karena tujuan smash adalah untuk mematikan permainan lawan. Untuk melakukan smash dalam permainan bulu tangkis, dibutuhkan kekuatan otot tungkai, bahu, lengan, dan fleksibilitas pergelangan tangan.

Baca juga: Penentu Berhasil Tidaknya Penyerangan Smash

Pembahasan soal jelaskan apa yang dimaksud dengan smash yang disajikan dalam artikel ini dapat membantu menambah wawasan terkait istilah olahraga yang menarik untuk diketahui. (DAP)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *