• Oktober 23, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Peran Informatika untuk Masa Depan. Sumber: Foto Unsplash/Farzad
Peran informatika untuk masa depan perlu diketahui para siswa sebagai bahan belajar. Pesatnya perkembangan teknologi informasi di berbagai bidang tidak terlepas dari perannya dalam membuat, menyimpan, menyampaikan, hingga menyebarkan informasi.

Penggunaan perangkat elektronik, seperti televisi, komputer, dan smartphone turut membuat teknologi informatika semakin dibutuhkan masyarakat luas. Lantas, apa peran informatika bagi masa depan?

Ilustrasi Peran Informatika untuk Masa Depan. Sumber: Foto Unsplash/ThisisEngineering RAEng

Berikut merupakan beberapa peran informatika untuk masa depan yang harus diketahui untuk pembelajaran mengutip dari buku yang berjudul Teknologi Informatika, Mohammad Sapta Heriyawan, dkk., (halaman 5).

Manfaat teknologi informatika di dunia telekomunikasi sebenarnya sudah lama dirasakan publik, bahkan terus mengalami kemajuan. Dulu, harus menulis surat saat ingin bertukar kabar dengan kerabat atau teman yang tinggal di luar kota.

Sekarang penerapan teknologi informasi membuat proses tersebut lebih cepat dengan menghadirkan telepon maupun ponsel genggam. Sehingga hanya diperlukan hitungan detik untuk mengirimkan pesan.

Tanpa teknologi informatika, kegiatan bisnis yang melibatkan platform online mustahil terjadi. Maka dari itu, sejumlah pelaku bisnis mulai memfokuskan strategi pemasaran dengan mengandalkan teknologi canggih.

Sementara bagi konsumen, penerapan teknologi informasi memudahkan saat mencari barang atau jasa yang dibutuhkan dalam waktu cepat dengan harga terjangkau.

Bidang pendidikan, peran teknologi informatika hadir dalam berbagai bentuk. Dari pengolahan data dengan komputer, elearning, dan pengerjaan tugas berbasis IT.

Peran teknologi informatika dalam bidang kesehatan berjasa dalam memperbaiki manajemen klinik hingga rumah sakit. Jika dulu staf harus mencatat riwayat kesehatan pasien secara manual dalam berkas, sekarang dapat mengarsipkan semuanya di komputer.

Selain itu, saat ada tamu yang mencari kamar atau meminta rincian biaya, staf dapat melakukan pencarian lebih cepat hanya dengan memasukkan data, seperti nama pasien untuk mengakses database.

Perbankan adalah lembaga lainnya yang mendapatkan manfaat maksimal dari kehadiran teknologi informatika. Beberapa manfaat yang akan dirasakan adalah transaksi e-banking melalui smartphone hingga pembuatan rekening secara online.

Kehadiran teknologi informatika tidak dipungkiri membantu perbankan melayani nasabah tanpa harus meminta datang ke kantor cabang. Jadi, nasabah tak perlu lagi mengantre atau menempuh jarak jauh untuk mengurus dokumen ke kantor cabang.

Demikian beberapa peran informatika untuk masa depan sebagai bahan belajar. Dengan adanya teknologi informatika, akan memudahkan berbagai kegiatan sehari-hari. (Adm)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *