• Januari 16, 2024
  • ardwk
  • 0


Jakarta, WK MEDIA

PT Pertamina melalui PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus kembali menunjukkan komitmennya untuk mendukung generasi muda peduli lingkungan. Komitmen tersebut diwujudkan melalui program Sekolah Energi Berdikari (SEB) di SMA Negeri 8 Denpasar, Bali, Kamis (11/1).

Kegiatan edukasi energi ramah lingkungan tersebut dihadiri oleh Staf Khusus Presiden RI Bidang Inovasi, Pendidikan dan Daerah Terluar, Billy Mambrasar, Pjs Manager CSR Pertamina (Persero), Reno Fri Daryanto, Area Manager Comm., Rel. & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Ahad Rahedi, Forkopimda Kota Denpasar dan Kepala Sekolah SMAN 8 Denpasar, I Wayan Sucipta, serta para siswa dan guru.

Dalam berbagai hal, Ahad Rahedi mengatakan bahwa program SEB bertujuan untuk mendukung keterlibatan sekolah dan generasi muda dalam keberlangsungan lingkungan. Program ini juga mendorong para siswa untuk memberikan dampak lebih besar kepada masyarakat sekitar melalui edukasi dan penggunaan energi terbarukan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

“Program SEB ini sejalan dengan upaya Pertamina mendukung Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengimplementasikan nilai-nilai Adiwiyata,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (14/1).

Ia menambahkan bahwa program SEB sejalan dengan komitmen Pertamina dalam mengimplementasikan Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG) dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s), yaitu poin 4 tentang pendidikan berkualitas, poin 7 tentang energi bersih dan terjangkau, dan poin 13 tentang penanggulangan perubahan iklim.

Sebagai wujud bantuan dukungan SEB, Pertamina menyalurkan instalasi panel surya di SMAN 8 Denpasar. Instalasi ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik di sekolah dan juga memberikan edukasi kepada para siswa terkait transisi energi dalam energi terbarukan.

Selain itu, dalam kegitan program SEB juga diselenggarakan sesi berbagi oleh Staf Khusus Presiden Bidang Pendidikan dan Inovasi sekaligus duta SDG’s Indonesia, Billy Mambrasar. Selain itu, ada juga sesi berbagi yang diisi oleh Perwira PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus dengan membawakan sejumlah materi di kelas-kelas.




Sesi berbagi SEB di SMAN 8 Denpasar. (Foto: Arsip Pertamina)

Rangkaian kegiatan SEB di SMAN 8 Denpasar juga melibatkan lebih banyak pelajar, terutama melalui Kompetisi Daur Ulang. Event Pertamina ini mendorong para pelajar untuk berinovasi dan menciptakan alat dengan semangat lingkungan melalui kegiatan daur ulang.

Selain para pelajar, dalam kesempatan ini pula sejumlah pejabat yang hadir juga ikut aktif dengan melakukan penanaman pohon.

Ahad menegaskan, kesadaran terhadap pemanfaatan energi terbarukan itu pun disepakati harus mulai dipupuk dari generasi muda dengan ikhtiar bersama.

“Apa yang kita lakukan bersama hari ini akan diingat terus oleh generasi muda sehingga mereka akan menjaga bumi, peduli terhadap lingkungan, serta ikut mengurangi emisi karbon,” tutup Ahad.

Di sisi lain, Kepala Sekolah SMAN 8 Denpasar, I Wayan Sucipta menyampaikan terima kasih kepada Pertamina dan pemerintah atas dukungannya kepada sekolah. Menurutnya, program SEB ini merupakan salah satu bentuk upaya pencapaian perdamaian tujuan hidup.

“Oleh karena itu mari kita menjaga lingkungan sebagai bentuk implementasi kegiatan pada hari ini,” ajak Sucipta.

Program SEB di SMAN 8 Denpasar merupakan upaya Pertamina untuk mengajak generasi muda Bali untuk peduli lingkungan. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran generasi muda akan pentingnya menjaga lingkungan dan menggunakan energi terbarukan.

(rir)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *