Jakarta, WK MEDIA

PT PLN (Persero) akan menyediakan 100 persen energi hijau untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan pembangunan infrastruktur listrik di IKN akan mengacu pada tiga konsep utama, yakni pintar, hijaudan cantik.

“Kami siap melistriki IKN dengan listrik hijau dari pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) sebesar 50 megawatt (MW),” kata Darmawan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI di Jakarta Pusat, Kamis (30/5).

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

“Ini merupakan langkah awal penyediaan 100 persen energi hijau untuk IKN,” tegasnya.

PLTS di IKN Nusantara dibangun sejak November 2023 lalu. Saat itu, Presiden Joko Widodo memimpin langsung peletakan batu pertama atau groundbreaking PLTS tersebut.

Pembangkit listrik ini berlokasi di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Pembangunan dilakukan melalui subholding PLN Nusantara Power (NP).

PLTS yang dibangun itu diklaim bisa mereduksi emisi sampai 104 ribu ton CO2 per tahun. Selain itu, disebut mampu memproduksi energi hijau sekitar 93 gigawatt hour (GWh) setiap tahunnya.

Terpisah, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan terakhir memeriksa progres pembangunan IKN pada awal Mei 2024. Ia menyebut progres pembangunan ibu kota anyar tersebut sudah mencapai 80 persen.

“Kami pun optimis bahwa Upacara Peringatan HUT RI ke-79 yang digelar pada 17 Agustus 2024 mendatang akan bisa kita laksanakan dan saksikan secara langsung di Lapangan Upacara yang ada di Istana Negara Ibu Kota Nusantara,” kata Luhut dalam Instagram @luhut.pandjaitan, Selasa (7/5).

[Gambas:Video CNN]

(skt/sfr)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *