• Oktober 22, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Jelaskan Pola Kehidupan Nomaden Manusia Purba, Foto: Unsplash/koratmember.
Pada zaman praaksara manusia hidup tidaklah menetap di satu tempat. Pola kehidupan yang berpindah-pindah ini disebut dengan nomaden. Jelaskan pola kehidupan nomaden manusia purba!

Pada saat itu manusia purba berpindah-pindah tempat menyesuaikan dengan daerah yang masih banyak menyediakan makanan. Mereka akan datang ke daerah yang masih memiliki makanan yang banyak dan meninggalkan tempat yang lama.

Pola Kehidupan Nomaden Manusia Purba

Ilustrasi Jelaskan Pola Kehidupan Nomaden Manusia Purba, Foto: Unsplash/bloodua.
Dikutip dari buku Sejarah Nasional Indonesia: Edisi Revisi 2013 karya Edi Hernadi (2013: 53), jelaskan pola kehidupan nomaden manusia purba merupakan salah satu soal pelajaran Sejarah. Siswa diminta menjawab soal tersebut dengan benar dan tepat.

Pola kehidupan nomaden artinya berpindah-pindah. Pada masa ini manusia mengumpulkan bahan makanan dan berburu. Jika bahan makanan di daerah tersebut sudah habis akan berpindah ke daerah lainnya.

Selain itu nomaden juga memiliki tujuan untuk menangkap hewan buruan. Kehidupan nomaden ini berlangsung dalam waktu yang lama dan terus menerus. Oleh karena itu, tidak pernah memiliki rumah yang tetap.

Masyarakat pada zaman ini hidup di alam terbuka, seperti hutan, tepian sungai, gunung, di bawah pohon, lembah, gua, serta berbagai ancaman terhadap kehidupan yang ada di luar ruangan. Hewan liar menjadi salah satu ancaman bagi kehidupan manusia yang hidup di masa ini.

Biasanya manusia pada zaman ini melakukan perjalanan dengan perahu di sungai. Bepergian dengan perahu di sungai dianggap lebih mudah dan aman dari predator darat. Perahu yang dibuat juga masih sangat sederhana.

Konsep hidup nomaden berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan terus menerus dengan tujuan untuk menangkap hewan buruan. Manusia juga dapat belajar hidup berkelompok yang terdiri dari 10 hingga 15 orang.

Untuk memudahkan dalam melakukan aktivitas, manusia purba membuat alat-alat untuk meramu dan berburu yang berasal dari batu dan kayu. Meski sangat sederhana dan sangat kasar, tetapi memiliki manfaat yang besar.

Hingga suatu saat manusia purba mulai sadar bahwa lama-kelamaan jika makanan yang disediakan oleh alam sangat terbatas dan akhirnya bisa habis.

Kemudian manusia purba mengganti cara bertahan hidup dengan menanami lahan-lahan yang akan ditinggali agar menyediakan bahan makanan yang lebih banyak di kemudian hari.

Masyarakat nomaden ini dibagi menjadi tiga kelompok yaitu.

Itulah jawaban dari soal jelaskan pola kehidupan nomaden manusia purba. Kehidupan nomaden ini menyesuaikan persediaan bahan makanan yang ada di daerah tersebut. (Umi)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *