• Oktober 23, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi sikat gigi. Foto: Onua Images/Shutterstock
Ilustrasi sikat gigi. Foto: Onua Images/Shutterstock

Ada sebanyak 53,98 persen pembaca yang menyikat gigi sebelum sarapan. Angka tersebut diperoleh dari hasil polling kumparan yang beredar pada 6-20 Oktober 2023.

Total ada 1.510 responden yang memberikan pendapatnya pada polling ini. Sekitar separuhnya, 53,98 persen atau 800 responden menyikat gigi sebelum sarapan. Sementara lainnya, 47,02 persen atau 710 responden memilih sikat gigi sesudah sarapan.

Komentar pengguna bermacam-macam. Ada yang punya kebiasaan sikat gigi sebelum wudhu dan mengulanginya beberapa kali dalam sehari. Ada pula yang menilai jarang sikat gigi sesudah makan karena lanjut ngemil. Namun, ada yang pilih sikat gigi usai makan agar tidak percuma.

"Sesudah. Kalau sebelum ya percuma dong. Saya gosok gigi 3 kali sehari. Pagi sesudah sarapan di rumah, siang sesudah makan siang di kantor biasanya, dan malam kalau mau tidur. Juga kumur mouthwash sesudah gosok gigi," tulis akun Achambz.

Nah, terkait kapan tepatnya sikat gigi di pagi hari, Healthline menyebut sebaiknya kita menyikat gigi sebelum sarapan.

Alasannya, kita harus membersihkan gigi dan mulut dari bakteri yang menumpuk selama semalaman tidur sebelum akhirnya melahap sarapan.

"Saat kamu tidur, bakteri penyebab plak mulut akan semakin bertambah banyak," tulis artikel tersebut. "Membersihkan bakteri tersebut dengan menyikat gigi menggunakan pasta gigi berfluorida, akan menghilangkan plak dan bakteri. Ini juga akan melapisi enamel dan melindungi gigi dari asam makanan."

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *