• Oktober 30, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Djuhandani Rahardjo Puro.  Foto: Jonathan Devin/kumparan
Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Djuhandani Rahardjo Puro. Foto: Jonathan Devin/kumparan

Polri telah mengidentifikasi 12 senjata api (senpi) yang ditemukan di rumah dinas eks Mentan, Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Jalan Widya Chandra V Nomor 28, Jakarta Selatan.

Dirtipidum Bareskrim Polri, Brigjen Djuhandani Rahardjo Puro mengatakan, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan Baintelkam Polri ditemukan, seluruh senpi itu memiliki izin yang sah dan legal.

"Dari hasil penyelidikan kita mendapatkan sementara senjata-senjata yang ada di tempat saudara SYL, menurut dari Baintel itu terdaftar, ada suratnya," kata Djuhandani kepada wartawan, Senin (30/10).

Namun Djuhandani belum merinci jenis-jenis belasan senpi tersebut. Ia hanya memastikan bahwa seluruhnya terdaftar atas nama SYL.

"Semua terdaftar atas nama SYL, walaupun ada beberapa senjata tersebut merupakan hibah, dan bukti hibahnya ada. Sementara itu yang kami dapatkan," tuturnya.

Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengenakan rompi tahanan KPK usai konferensi pers penahanan dirinya di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (13/10/2023). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengenakan rompi tahanan KPK usai konferensi pers penahanan dirinya di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (13/10/2023). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Djuhandani masih menunggu tindak lanjut dari KPK untuk memproses belasan senpi ini. Apakah KPK ingin menyerahkannya ke Polri untuk diteliti lebih jauh, atau tidak.

"Kami masih menunggu lebih lanjut karena senjata-senjata tersebut masih dalam penguasaan dari KPK, masih dikuasai KPK hanya prosesnya masih dititipkan," terang dia.

Senjata api di rumah dinas SYL sendiri didapatkan usai KPK melakukan penggeledahan terkait kasus dugaan korupsi di Kementan.

Polda Metro Jaya, di awal penyelidikan mengungkap beberapa merk senjata api laras pendek yang ditemukan di rumah dinas SYL.

"(Senjata api) dari berbagai jenis. Ada S&W, Walther, Tanfoglio, dan lain-lain," ujar Dirintelkam Polda Metro Jaya, Kombes Hirbakh Wahyu Setiawan saat dikonfirmasi, Sabtu (29/9).

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *