• Oktober 23, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi rice cooker. Foto: New Africa/Shutterstock
Ilustrasi rice cooker. Foto: New Africa/Shutterstock

Sejumlah perusahaan elektronik bakal ikut pengadaan program Alat Memasak berbasis Listrik (AML) atau rice cooker gratis sebanyak 500 ribu unit di tahun ini. Rice cooker gratis itu rencananya didistribusikan pemerintah mulai November 2023.

Sekretaris Jenderal Gabungan Pengusaha Elektronik (Gabel), Daniel Suhardiman, mengatakan ada beberapa perusahaan yang sudah dan sedang dalam konfirmasi ikut pengadaan rice cooker gratis.

"Masih belum confirm, tapi sepertinya yang akan join minimal ada Sanken, Polytron, Cosmos," ungkap Daniel saat dihubungi kumparan, Senin (23/10).

Daniel mengungkapkan perusahaan yang sedang dalam konfirmasi, salah satunya adalah Maspion. Merek tersebut sempat disebutkan pemerintah memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan bisa mengikuti pengadaan.

Dihubungi terpisah, Presiden Director PT Star Cosmos, Dharma Surjaputra, memastikan pihaknya ikut dalam program rice cooker gratis dari pemerintah. Cosmos juga siap untuk melakukan distribusi di November 2023 ini.

"Ya benar. Cosmos menjadi pemasok. Jumlahnya masih belum tahu, namun kami siap support program pemerintah. Distribusi November," terang Dharma.

Dharma menyebutkan, produk rice cooker milik Cosmos sudah memenuhi persyaratan pengadaan, seperti TKDN, sertifikat hemat energi, dan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Sementara itu, Marketing Director Polytron, Tekno Wibowo, mengungkapkan saat ini pemerintah masih dalam tahap market sounding kepada para pelaku usaha.

"Rasanya enggak mungkin kalau (distribusi) November. Kalau memungkinkan kita akan partisipasi tetapi masih terlalu pagi, nanti seperti program pengadaan kompor listrik," ungkap Tekno.

Menteri ESDM Arifin Tasrif di Kantor Kementerian ESDM, Senin (2/10/2023). Foto: Ave Airiza Gunanto/kumparan
Menteri ESDM Arifin Tasrif di Kantor Kementerian ESDM, Senin (2/10/2023). Foto: Ave Airiza Gunanto/kumparan

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, memastikan program bagi-bagi rice cooker gratis sebanyak 500 ribu unit dimulai November 2023.

"Insyaallah (November 2023). Ya pokoknya didorong supaya cepet," tegas Arifin kepada awak media di kantor Kementerian ESDM, Jumat (20/10).

Adapun Kementerian Keuangan telah menganggarkan program rice cooker gratis tersebut mencapai Rp 347,5 miliar untuk 500 ribu rumah tangga. Anggaran tersebut bersumber dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kementerian ESDM Tahun 2023.

Berdasarkan Pasal 3 Peraturan Menteri ESDM No 11 Tahun 2023, kriteria rumah tangga penerima bantuan adalah pelanggan PT PLN (Persero) atau PT PLN Batam berdaya 450 VA s.d. 1.300 VA yang berdomisili di daerah tersedia listrik 24 jam menyala.

Selain itu, penerima juga harus belum memiliki rice cooker. Pendataan calon penerima dilakukan berdasarkan usulan dari kepala desa atau pejabat setingkat, diverifikasi oleh PLN dan PLN Batam, baru kemudian pengadaan dan pendistribusian kepada masyarakat.

Kemudian berdasarkan Pasal 6, Menteri ESDM melalui Direktur Jenderal Ketenagalistrikan menetapkan wilayah pendistribusian AML sesuai dengan ketersediaan anggaran kegiatan Penyediaan AML.

Penetapan wilayah pendistribusian AML sebagaimana dimaksud memuat lokasi pendistribusian yang mencantumkan nama desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi; dan jumlah calon penerima AML setiap lokasi pendistribusian AML.

Sementara pada Pasal 11, pendistribusian AML wajib dilakukan oleh Badan Usaha kepada calon penerima AML sesuai wilayah pendistribusian AML sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (1).

"Dalam melaksanakan pendistribusian AML, Badan Usaha dapat bekerja sama dengan PT Pos Indonesia dan/atau badan usaha lain," bunyi Pasal 11 Ayat (2).

Dalam pelaksanaan pendistribusian AML oleh Badan Usaha, Menteri ESDM melalui Direktur Jenderal dapat melibatkan PT PLN (Persero) dan/atau PT PLN Batam untuk memastikan AML diterima oleh penerima AML.

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *