• Oktober 23, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Karier dari studi di bidang informatika. Sumber: pexels.com
Bidang informatika menjadi salah satu program studi yang memiliki banyak peminatnya. Hal ini tidak terlepas dari prospek karier dari bidang studi di bidang informatika yang yang sangat besar di masa depan.

Oleh karena itulah, banyak generasi muda yang tertarik mengambil program studi tersebut. Khususnya bagi mereka yang memiliki minat dan ketertarikan dengan hal-hal yang berbagai teknologi dan informasi.

Prospek Karier dari Studi di Bidang Informatika

Karier dari studi di bidang informatika. Sumber: pexels.com

Mengutip dari buku Model Rekomendasi Karir Mahasiswa Sistem Informasi Menggunakan Sistem Pakar, Yenny Desnelita, Irwan, dan Gustientiedina (2022:53), lulusan program studi sistem informasi merupakan lulusan yang banyak menawarkan bidang pekerjaan, terlebih lagi di dunia informatika dan sistem informasi.

Apalagi dunia informatika selalu menuntut pekerjaan yang berkaitan dengan informasi, teknologi, dan pengembangan sistem perangkat keras dan perangkat lunak. Adapun beberapa prospek karier dari studi di bidang informatika adalah sebagai berikut.

Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk menulis, membuat, memprogram, dan juga mengembangkan coding sistem aplikasi maupun software. Saat ini posisi programmer begitu dicari oleh banyak perusahaan, media, hingga startup.

Oleh karena itulah, pekerjaan ini menjadi salah satu yang high demand di banyak negara, termasuk Indonesia. Tak hanya itu, programmer juga memiliki gaji yang tergolong tinggi. Khususnya bagi orang-orang yang sudah punya banyak pengalaman di bidang IT.

2. Data Scientist dan Data Analyst

Secara umum, kedua pekerjaan tersebut memiliki jobdesk yang relatif mirip, yakni mengumpulkan, mengekstrak, dan menginterpretasi data mentah dengan algoritma machine learning.

Tujuannya agar bisa menjadi informasi berharga untuk pengambilan keputusan perusahaan di waktu mendatang. Selain itu, seorang data scientist dan data analyst juga harus mempunyai pengalaman dan skill mumpuni terkait data mining, bahasa pemrograman, analytical tools, matematika, dan statistik.

Bagi para pecinta game, bisa juga memilih profesi sebagai game developer. Umumnya, pekerjaan ini bertanggung jawab dalam proses pemrograman dunia permainan digital dalam berbagai format, seperti PC, browser web, konsol, dan perangkat mobil.

Selain itu, seorang game developer juga harus memiliki keterampilan bahasa pemrograman, tren game terbaru, bisa membangun libraries, dan API.

Itu dia tiga prospek karier dari studi di bidang informatika dengan gaji besar yang menarik untuk diketahui. Dari ulasan di atas, apakah tertarik untuk berkarier di bidang informatika? (Anne)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *