• Oktober 25, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Rayakan Sumpah Pemuda, Gen Z Distribusikan 14 Tangki Air Bersih ke Bangkalan

Sebanyak 28 aksi kebaikan dikampanyekan Pemuda Beraksi Bareng (Barbar) Bromen Surabaya menyongsong peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2023 mendatang. Salah satunya mengajak Generasi Z untuk terlibat langsung dalam pendistribusian bantuan air bersih ke Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

14 tangki air bersih tersebut didistribusikan ke 2 kecamatan di Bangkalan. 14 tangki air bersih dengan total kapasitas 114 ribu liter merupakan bantuan yang diberikan oleh Pemuda Barbar, sebagai bentuk kepedulian atas bencana krisis air yang terjadi di wilayah tersebut selama berbulan-bulan lamanya.

Aksi tersebut diselenggarakan dalam rangka merayakan Sumpah Pemuda ke 95 tahun ini.

“Ini merupakan aksi pertama dalam rangkaian 28 aksi kebaikan lainnya yang kami lakukan dengan menggandeng komunitas-komunitas lainnya. Ada sekitar 150-200 pemuda yang kami libatkan,” tutur Waldon, General Manager Bromen, Rabu (25/10).

Ia menambahkan, alasan memilih Bangkalan sebagai titik distribusi bantuan air bersih karena Bangkalan menjadi salah satu daerah di Jawa Timur yang mengalami kekeringan dan krisis air bersih kategori ekstrem dampak dari kemarau panjang tahun ini.

Sasaran dari pembagian air bersih ini adalah 14 desa di kecamatan Konang dan Blega, kabupaten Bangkalan. Pemilihan daerah ini berdasarkan arahan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) daerah Bangkalan, yang melihat dari kondisi lapangan dan data suplai air bersih wilayah setempat selama tiga bulan terakhir.

Aksi tersebut mendapat sambutan baik dari warga setempat serta pihak pemerintah yang terkait. PJ Bupati Kabupaten Bangkalan Arief M Edie, menyampaikan apresiasi terhadap aksi tersebut dan berharap akan ada pemuda atau pihak lain yang membuka mata mengenai bencana krisis air yang terjadi tersebut.

“Saya salut dan apresiasi setinggi-tingginya kepada teman-teman pemuda yang turut berpartisipasi di tengah paceklik air bersih di Bangkalan sebagai dampak musim kemarau,” ungkap Arief.

Ia berharap, aksi tersebut bisa menggugah hati kelompok pemuda lain. Ia juga berharap agar masyarakat turut berpartisipasi selama musim hujan belum turun.

“Masih banyak saudara kita yang membutuhkan air bersih. Dengan bantuan ini, kami atas nama masyarakat Bangkalan berterima kasih. Kami menunggu dari rekan-rekan lain sebelum musim penghujan tiba,” tukasnya.

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *