• April 21, 2024
  • ardwk
  • 0


Jakarta, WK MEDIA

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan RI dan China akan segera membentuk tim khusus untuk membangun proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya.

Hal tersebut Luhut ungkapkan setelah Pertemuan ke-4 Mekanisme Dialog dan Kerja Sama Tingkat Tinggi (HDCM) RI Republik Rakyat China (RRC) di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, pekan ini.

“Kereta api cepat Jakarta-Surabaya kami sepakat segara tim yang dibentuk,” ucap Luhut seperti dikutip dari akun Instagram resminya, @luhut.padjaitan, Minggu (21/4).

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Menurutnya, proyek kereta cepat harus dipindahkan ke Surabaya. Ia yakin proyek ini akan berhasil layaknya Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Apalagi, kata Luhut, Kereta Cepat Jakarta-Bandung terus mengalami peningkatan jumlah penumpang sejak peluncurannya, sampai pada puncak arus mudik Lebaran lalu.

“Ini sekaligus menjadi bukti bahwa proyek ini selayaknya dapat dilanjutkan sampai ke Surabaya,” kata Luhut.

Pada kesempatan lain, Luhut juga meminta China serius membantu Indonesia menggarap Kereta Cepat Jakarta-Surabaya. Ia menyebut proyek kereta cepat adalah bagian dari sinergi Indonesia dan Tiongkok.

Selain itu, proyek kereta cepat juga merupakan bukti keberhasilan Global Maritime Fulcrum-Belt and Road Initiative alias GMF-BRI.

“Oleh karena itu, saya harap Pemerintah Tiongkok, China Development Bank (CDB), dan China Railway terus memberikan atensi prioritas dan dukungan finansial, serta pengalihan teknologi pengoperasian KCJB,” ucap Luhut dalam keterangan resmi, Jumat (19/4).

“Kami mengusulkan pembentukan gugus tugas bersama untuk proyek percepatan (Kereta Cepat Jakarta-Surabaya),” tegasnya.

(ryh/wis)


[Gambas:Video CNN]

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *