• Oktober 30, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Rumah sakit persahabatan Turki-Palestina di Gaza. Foto: tika.gov.tr/
Rumah sakit persahabatan Turki-Palestina di Gaza. Foto: tika.gov.tr/

Gedung Rumah Sakit Persahabatan Turki-Palestina untuk pasien kanker di Jalur Gaza mengalami kerusakan parah akibat serangan udara Israel yang memasuki pekan keempat.

Sebelumnya, RS Indonesia yang terletak di bagian utara Gaza juga ini terdampak serangan penjajah hingga menewaskan seorang staf lokal Medical Emergency Rescue Committee (MER-C).

Dikutip dari Anadolu Agency, laporan terkait serangan terbaru yang menyasar fasilitas sipil itu Kementerian Kesehatan Palestina di Jalur Gaza, Senin (30/10) pagi.

Dalam postingan di Facebook, peristiwa tersebut juga dikonfirmasi Direktur Jenderal RS Persahabatan Turki-Palestina, Dr Subhi Skaik, yang menyebut serangan sempat menimbulkan kepanikan.

"Kepanikan melanda para pasien kanker dan staf medis sebagai akibat dari pemboman Israel yang gencar terhadap satu-satunya Rumah Sakit Persahabatan Turki untuk pasien kanker di Jalur Gaza dan kerusakan parah yang diakibatkan oleh pendudukan Israel yang berulang kali menargetkan daerah sekitarnya," tulis Skaik.

Rumah sakit persahabatan Turki-Palestina di Gaza. Foto: tika.gov.tr/
Rumah sakit persahabatan Turki-Palestina di Gaza. Foto: tika.gov.tr/

Selain kerusakan, Skaik tidak menyebut adanya korban jiwa atau luka yang ditimbulkan serangan itu. Skaik mengecam tindakan Israel yang telah membahayakan nyawa staf medis dan pasien-pasien kanker tak bersalah melalui serangan tanpa pandang bulu tersebut.

"Pendudukan tidak hanya meningkatkan penderitaan dan rasa sakit pasien kanker dan membuat mereka tidak bisa mendapatkan obat-obatan dan bepergian untuk berobat ke luar negeri, namun kini membahayakan nyawa mereka dengan menyasar lingkungan rumah sakit," tutup dia.

Dibuka tahun 2017, RS Persahabatan Turki-Palestina adalah rumah sakit terebesar di Jalur Gaza dengan luas 34.800 meter persegi dan berkapasitas 180 tempat tidur.

Pembangunan RS Persahabatan Turki-Palestina didanai pemerintah Turki melalui Turkish Cooperation and Coordination Agency (TIKA) dengan anggaran mencapai USD 40 juta (Rp 634 miliar).


]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *