• Oktober 27, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Permainan nuklir Korea Utara juga mendorong upaya diplomasi intensif untuk mengatasi masalah ini. Ini termasuk negosiasi bilateral dan multilateral, seperti perundingan enam pihak antara Korea Utara, Amerika Serikat, Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, dan Rusia. Upaya diplomatik ini bertujuan untuk mengurangi ketegangan dan mencapai kesepakatan yang mencegah eskalasi konflik.

Pada akhirnya, dari semua yang sudah dipaparkan di atas. Dasar dari korea Utara melakukan hal ini jika ditinjau secara teoritis adalah adanya logika ketakutan. Mereka hanya ingin mempertahankan eksistensi negaranya serta menegaskan bahwa Korea Utara bukanlah negara yang lemah sekalipun ada banyak masalah internal menderanya. Namun disisi lain, mereka mempertaruhkan efek keamanan utamanya keamanan Asia Timur. Bisa saja rudal yang mereka luncurkan gagal dan berakhir menghancurkan salah satu wilayah dari negara yang sempat dilintasi rudal tersebut. Maka dari itu dibutuhkan juga upaya-upaya yang sangat diplomatis agar menciptakan de eskalasi dalam lingkup kawasan Asia Timur.

Dan disini juga, kita mengetahui jika negara juga bisa melakukan flexing. Namun kebanyakan flexing dari mereka juga sekaligus ancaman agar negara lain tidak usah berurusan dengan negara dinasti Kim.

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *