• Oktober 28, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Sejarah Isi dan Makna Sumpah Pemuda. Sumber: Foto Unsplash/Mufid Majnun
Sejarah isi dan makna Sumpah Pemuda harus dipahami para siswa sebagai pembelajaran. Ikrar Sumpah Pemuda diucapkan pada Kongres Pemuda II, tanggal 28 Oktober 1928.

Sumpah pemuda merupakan momentum yang berpengaruh terhadap perjalanan bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda menjadi salah satu bukti perjuangan bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Sejarah Isi dan Makna Sumpah Pemuda

Ilustrasi Sejarah Isi dan Makna Sumpah Pemuda. Sumber: Foto Unsplash/Bisma Mahendra
Berikut merupakan sejarah isi dan makna Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Dengan memahami sejarah dan makna Sumpah Pemuda, siswa dapat menanamkan jiwa patriolisme agar selalu membela bangsa Indonesia.

Sejarah Isi Sumpah Pemuda

Berdasarkan buku Sejarah Hukum Indonesia, Sutan Sjahdeini, (2021:25), Sumpah Pemuda adalah janji para pemuda yang diucapkan saat Kongres Pemuda II di Jakarta, pada tanggal 28 Oktober 1928.

Pada tahun 1908, rakyat Indonesia mulai memiliki kesadaran untuk bersatu melawan penjajah. Di berbagai wilayah, pemuda Indonesia mulai membentuk perkumpulan dan menentang penjajah.

Hingga pada akhirnya tercetuslah Kongres Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928. Namun dua tahun sebelumnya, telah dilakukan terlebih dahulu Kongres Pemuda I yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 30 April sampai 2 Mei 1926.

Sayangnya, Kongres Pemuda I diakhiri tanpa hasil yang memuaskan bagi semua pihak karena masih adanya perbedaan pandangan. Setelah itu, digelar lagi beberapa pertemuan demi menemukan kesatuan pemikiran.

Maka, disepakati bahwa akan segera diselenggarakan Kongres Pemuda II. Kongres Pemuda II dilaksanakan di tiga gedung yang berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat sehingga menghasilkan Sumpah Pemuda, dengan isi:

“Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia”.

“Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia”.

“Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”.

Berdasarkan buku Explore Sejarah Indonesia Jilid 2 untuk SMA/MA Kelas XI, Dr. Abdurrakhman, dkk., (2019:113), Sumpah Pemuda mempunyai beberapa makna.

Demikianlah sejarah isi dan makna Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober, yang dapat dijadikan bahan pembelajaran siswa untuk selalu membela bangsa Indonesia. (Adm)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *