• Maret 21, 2024
  • ardwk
  • 0


Jakarta, WK MEDIA

Selandia Baru terperosok ke jurang resesif setelah itu ekonomi mereka bergerak di zona negatif selama dua kuartal berturut-turut.

Merujuk data BPS Selandia Baru, Stats NZ yang diumumkan Kamis (21/30, perekonomian negara tersebut susut 0,1 persen pada kuartal IV 2023.

Penyusutan ekonomi itu merupakan lanjutan dari yang terjadi pada kuartal sebelumnya yang minus 0,3 persen. Penyusutan ekonomi ke zona negatif yang dialami Selandia Baru selama dua kuartal berturut-turut membuat mereka memenuhi kriteria negara yang masuk ke jurang resesif.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Stats NZ menyatakan penurunan kinerja perekonomian Selandia Baru belakangan ini sebagian disebabkan oleh anjloknya kinerja sektor pertanian penting di Selandia Baru.

“Perdagangan grosir juga menjadi pendorong penurunan terbesar. Penurunan disebabkan oleh anjloknya penjualan grosir bahan makanan dan minuman keras,” kata juru bicara Stats NZ Ruvani Ratnayake, Kamis (21/3) dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari AFP.

Ratnayake menambahkan, hasil di tingkat industri beragam, karena delapan dari 16 industri meningkat, didorong oleh persewaan, pemanasan, dan jasa real estate.

[Gambas:Video CNN]

(agt)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *