• Oktober 22, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Sistem poin yang digunakan dalam pertandingan sepak takraw adalah. Sumber: pexels.com
Sepak takraw merupakan salah olahraga permainan yang populer di Indonesia. Adapun sistem poin yang digunakan dalam pertandingan sepak takraw adalah jika pemain mampu memasukkan bola ke lapangan permainan lawan.

Oleh karena itu, bagi seseorang yang ingin memainkan olahraga tersebut, penting untuk mengetahui sistem poin ini. Dengan begitu, permainan dapat berjalan dengan lancar sesuai aturan yang ditetapkan.

Bagaimana Sistem Poin yang Digunakan dalam Pertandingan Sepak Takraw?

Sistem poin yang digunakan dalam pertandingan sepak takraw adalah. Sumber: pexels.com
Mengutip dari buku Manajemen Penyelenggaraan Pertandingan Sepak Takraw, Ahmad Sofyan Hanif (2021:174), sistem poin yang digunakan dalam pertandingan sepak takraw adalah jika poin setiap regu seri di angka 20-20, maka permainan dilanjutkan hingga setiap regu memiliki selisih skor sebesar 2 dengan maksimal skor yang didapat per tim adalah 25.

Akan tetapi, jika masing-masing regu menang dalam satu set, maka akan terdapat set tambahan yang disebut dengan tie break. Pada set tambahan ini, skor penentu kemenangan adalah 15 poin.

Apabila ketika tie break skor bertahan seri dengan poin 14-14, maka permainan akan dilanjutkan hingga ada regu yang unggul 2 poin atau menyentuh angka maksimal 17 poin.

Perlu diketahui juga bahwa masing-masing regu akan mendapat skor jika berhasil membuat bola menyebrang ke lapangan lawan tanpa bisa dikembalikan atau jika lawan melakukan kesalahan.

Dalam satu kali permainan sepak takraw, umumnya terdiri dari dua set dengan masing-masing set akan selesai jika ada regu yang berhasil mencapai 21 poin. Selain tentang sistem poin, para pemain juga perlu mengetahui beberapa aturan lain sebagai berikut.

Dari penjelasan di atas, sudah terlihat jelas bahwa sistem poin yang digunakan dalam pertandingan sepak takraw adalah jika poin setiap regu seri di angka 20-20, maka permainan dilanjutkan hingga setiap regu memiliki selisih skor sebesar 2 dengan maksimal skor yang didapat per tim adalah 25. Semoga bermanfaat, ya. (Anne)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *