• Oktober 24, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

CEO ONE Championship, Chatri Sityodtong. Foto: ONE Championship
CEO ONE Championship, Chatri Sityodtong. Foto: ONE Championship

ONE Championship merupakan tempat bernaungnya para petarung striking terbaik di dunia yang kerap menampilkan aksi seni bela diri berteknik tinggi setiap pekan.

Pernyataan itu dilontarkan oleh Chatri Sityodtong, CEO dari ONE Championship, pada sesi wawancara usai ONE Fight Night 14 pada akhir September lalu.

Saat itu ia menjawab pertanyaan salah satu wartawan yang menanyainya soal pujian Joe Rogan dalam laga Muay Thai antara Rodtang Jitmuangnon kontra Superlek Kiatmoor di ONE Friday Fights 34.

"Saya kira banyak fans yang menyebut ONE sebagai promotor paling menarik, terutama jika Anda menonton ONE Friday Fights. Laga yang ditampilkan sangat luar biasa, dan saya kira Joe Rogan juga mengatakan kalau ONE memiliki produk paling menarik," ujar Chatri.

Kemudian Chatri juga membandingkan aksi petarungnya di ONE Friday Fights dengan laga MMA di UFC yang disebutnya berjalan lamban.

Bukan tanpa alasan, mayoritas jebolan UFC berasal dari disiplin gulat yang tidak menitikberatkan pada eknik striking elite seperti Muay Thai atau kickboxing.

"Seperti yang Anda lihat, mungkin seperti di UFC yang petarungnya lamban dengan kemampuan striking yang medioker. Karena mereka bukanlah striker, mayoritas petarung UFC merupakan lulusan D-1 pegulat dengan rekor 7-0 di kejuaraan lokal. Mereka juga hanya sedikit berlatih striking sebelum akhirnya masuk UFC," lanjutnya.

Fakta itu kontras dengan petarung di ONE Championship, yang disebut oleh Chatri memiliki kualitas juara dunia sebelum bergabung dengan promotornya.

Untuk bisa berlaga di pentas ONE Championship, para atlet harus memiliki pengalaman serta prestasi tinggi dalam bidang seni bela diri sebelumnya.

Mereka perlu membuktikan diri terlebih dahulu sebelum bisa dilirik oleh ONE.

"Sebut saja Anissa Meksen, Jonathan Di Bella, Rodtang Jitmungnon, Tawanchai PK Saenchai, Superbon Singha Mawynn, atau striker tajam lainnya," jelas Chatri.

Faktanya, saat ini ONE Championship telah memiliki sekitar 100 juara dunia dari disiplin striking seperti Muay Thai dan kickboxing. Yang lebih mencengangkan, jumlah itu belum mencakup para petarung yang tampil di ONE Friday Fights.

Hanya di satu sisi, UFC fokus sepenuhnya pada MMA. Sedangkan ONE memberi sekitar 50 persen porsinya untuk laga Muay Thai dan kickboxing.

"Hal itu yang membedakan. Jika Anda melihat ke jumlah atlet, saya kira UFC punya 700 atlet dan begitu juga kami. Hanya coba Anda lihat jumlah sabuk juara dunia yang atlet kami menangkan sebelum bergabung dengan ONE, mungkin jumlahnya setengah dari organisasi itu. Lihat lah UFC atau Bellator, mungkin sekitar 20 sampai 30 maksimum," sambungnya.

Yang menarik, para striker di ONE Championship juga sukses bertransisi menjadi petarung MMA yang berbahaya. Sebut saja Stamp Fairtex, Fabricio Andrade, Xiong Jing Nan, dan banyak lainnya yang juga telah menjadi juara dunia di promotor tersebut.

"Itulah mengapa Anda melihat aksi jiu-jitsu dan striking yang lambat di organisasi itu, sementara di ONE Anda bisa melihat para petarung terbaik di dunia dari sejumlah disiplin seni bela diri termasuk MMA," tegas Chatri.

Pernyataan Chatri tersebut senada dengan apa diungkapkan oleh Joe Rogan terkait laga striking antara Rodtang Jitmuangnon dan Superlek Kiatmoo9 di laman Instagram pribadinya.

"Dari semua olahraga tarung, Muay Thai memiliki potensi terbesar di dunia Barat. Ada banyak talenta, dan penonton juga sangat luar biasa," tulis Joe Rogan.

Ia bahkan menyebut Rodtang dan Superlek sebagai master dari seni bela diri striking dengan level tertinggi.

Unggahan Joe Rogan itu juga diamini oleh banyak mantan dan petarung aktif UFC, sebut saja Jorge Masvidal, Chael Sonnen, Giga Chikadze, dan lainnya.

Download ONE Super App untuk mengikuti perkembangan terbaru ONE Championship!

ONE Fight Night 16 berlangsung di Lumpinee Boxing Stadium, Bangkok, Thailand pada Sabtu (4/11/2023).

Ajang ini akan tayang live mulai pukul 07.00 WIB lewat Netverse, serta Youtube dan Facebook ONE Championship. Siaran tunda ajang tersebut dapat disaksikan lewat Net TV mulai pukul 22.30 WIB.


]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *