• Oktober 22, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Uraikan Teknik Pembuatan Patung Cara Plastering. Sumber: Unsplash/Marit De Wal
Ilustrasi Uraikan Teknik Pembuatan Patung Cara Plastering. Sumber: Unsplash/Marit De Wal

Uraikan teknik pembuatan patung cara plastering! Untuk menjawabnya, harus mengetahui apa itu patung dulu. Patung merupakan benda seni yang cukup mudah ditemukan dalam keseharian.

Jika diperhatikan, patung memiliki ukuran, bentuk, dan bahan yang berbeda-beda. Patung juga dibuat dengan menggunakan sejumlah teknik. Teknik-teknik ini perlu dipelajari supaya bisa lebih memahami materi Seni Patung. Salah satunya adalah plastering itu sendiri.

Teknik Pembuatan Patung Cara Plastering

Ilustrasi Uraikan Teknik Pembuatan Patung Cara Plastering. Sumber: Unsplash/Hester Qiang
Ilustrasi Uraikan Teknik Pembuatan Patung Cara Plastering. Sumber: Unsplash/Hester Qiang

Mengutip dari Mandiri Belajar Tematik SD/MI Kelas 6 Semester 2, Damayanti, dkk (2021:56), patung merupakan benda tiga dimensi yang dibuat oleh manusia dan diakui secara khusus sebagai karya seni. Orang yang membuat patung disebut sebagai pematung.

Patung dibuat dengan tujuan-tujuan tertentu, salah satunya adalah menghasilkan karya seni yang bisa bertahan lama. Inilah sebabnya bahan baku pembuatan patung umumnya menggunakan bahan yang tahan lama dan sering yang berharga mahal.

Patung bisa dibuat dengan menggunakan teknik tertentu, misalnya plastering. Uraikan teknik pembuatan patung cara plastering! Plastering adalah teknik dalam pembuatan patung yang menggunakan bahan dasar semen, gipsum, dan lainnya.

Teknik plastering dilakukan tanpa menggunakan cetakan. Plastering merupakan pengembangan dari teknik ukir dan pahat. Pada teknik ini, pematung akan menambahkan dan mengurangi bahan untuk pembuatan patung. Dengan begitu, secara perlahan patung akan mulai terbentuk.

Teknik Pembuatan Patung

Ilustrasi Uraikan Teknik Pembuatan Patung Cara Plastering. Sumber: Unsplash/Igor Konakov
Ilustrasi Uraikan Teknik Pembuatan Patung Cara Plastering. Sumber: Unsplash/Igor Konakov

Selain plastering, masih ada beberapa teknik pembuatan patung yang perlu diketahui. Dikutip dari Seni Budaya untuk Kelas XII SMA, Sulastianto, dkk (2006:66), berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Teknik Memahat dan Mengukir

Teknik memahat adalah teknik pembuatan patung dengan cara memperkecil bahan baku. Bahan baku tersebut dipahat hingga menghasilkan bentuk yang diinginkan. Teknik ini digunakan untuk membuat patung dengan bahan keras seperti dari batu cadas atau marmer.

Adapun teknik mengukir umumnya digunakan pada patung berbahan dasar kayu. Teknik ini digunakan untuk memberi hiasan berupa ukiran pada patung.

2. Teknik Mengecor atau Mencetak

Untuk melakukan teknik ini, pematung harus membuat cetakan terlebih dahulu. Setelah itu, pematung akan melelehkan bahan baku dan memasukkannya ke dalam cetakan. Bahan-bahan yang digunakan untuk teknik ini adalah semen, gips, marmer, logam, dan lain-lain.

3. Teknik Mengetok

Patung juga bisa dibuat dengan teknik mengetok. Biasanya, teknik ini digunakan untuk patung berbahan lempengan logam. Lempengan logam dibentuk dengan diketok pada bagian dalam dan luar.

Baca juga: 8 Prosedur Membuat Patung Semen hingga Selesai

Uraian teknik pembuatan patung cara plastering dan teknik lain dalam Seni Patung tersebut bisa dipelajari untuk menambah pengetahuan. Selamat belajar! (KRIS)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *