• Oktober 26, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Timnas wanita Belanda vs Jerman. Foto: Dok. dfb.de
Belgia, Belanda, dan Jerman, resmi mengajukan diri menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia Wanita 2027. Ketiga negara top Eropa itu siap bersaing dengan dua pasang kandidat lain, yakni Amerika Serikat-Meksiko dan Afrika Selatan-Brasil, yang telah terlebih dahulu mencalonkan diri menjadi tuan rumah bersama di kompetisi akbar empat tahunan itu.

Mengutip Sportstar The Hindu pada Kamis (26/10), ketiga federasi sepak bola dari Belgia, Belanda, dan Jerman menyatakan bahwa tujuan menjadi penyelenggara Piala Dunia ini selaras dengan tugas federasi masing-masing, yakni mendukung FIFA secara penuh untuk bertanggung jawab terhadap perkembangan sepak bola wanita dalam skala global.

FIFA juga mengkonfirmasi bahwa pihaknya akan mengumumkan siapa negara yang terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia Wanita edisi berikutnya pada Mei 2024.

Beberapa tahun silam, salah satu kandidat, Jerman, pernah ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Wanita 2011. Saat itu capaian mereka hanya sampai di perempat final saja setelah dikandaskan Jepang, sang juara dunia 2011, dengan skor tipis 0-1.

Padahal, dalam dua edisi sebelumnya, yakni Piala Dunia Wanita 2003 & 2007, Jerman berhasil membawa pulang trofi kemenangan. Akan tetapi, prestasi mereka di gelaran Piala Dunia Wanita semakin hari kian merosot.

Catatan terakhir Jerman yang terbilang “paling lumayan” adalah ketika DFB-Frauen finis di peringkat empat Piala Dunia Wanita 2015. Di Piala Dunia Wanita tahun ini, mereka malah tak lolos fase grup.

Sementara itu, pesaing Jerman, Amerika Serikat, juga sudah pernah dua kali menjadi tuan rumah Piala Dunia Wanita (1999 dan 2003). Pada 1999 silam, tim berjuluk The Stars and Stripes itu berhasil menyabet gelar juara dunia di hadapan publik sendiri usai mengandaskan China dalam duel adu penalti.

Namun, di Piala Dunia Wanita 2003, USWNT tidak berhasil mempersembahkan trofi untuk negaranya setelah takluk dari Jerman di partai semifinal dengan skor 0-3. Kendati demikian, hingga kini Amerika Serikat menjadi tim dengan peraih gelar juara dunia terbanyak, yakni empat trofi (1999, 2003, 2015, 2019).
Timnas wanita Belanda vs Jerman. Foto: Dok. dfb.de

Daftar Tuan Rumah Piala Dunia Wanita

Hingga kini, sudah ada delapan negara yang pernah ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Wanita, dua di antaranya adalah tuan rumah bersama.

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *