• Oktober 19, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Konsep Waktu di Sejarah Terkait Erat dengan Pertanyaan. Sumber: Unsplash/Jesse Orrico
Ilustrasi Konsep Waktu di Sejarah Terkait Erat dengan Pertanyaan. Sumber: Unsplash/Jesse Orrico

Konsep waktu dalam sejarah terkait erat dengan pertanyaan mengenai kejadian atau peristiwa di masa lalu. Dalam sejarah, konsep waktu dinilai sangat penting. Hal itu karena suatu peristiwa berada pada periode atau kurun waktu tertentu.

Selain itu, konsep waktu dalam sejarah dapat digunakan oleh sejarawan. Sejarawan menggunakan konsep waktu untuk mengetahui perkembangan peristiwa bersejarah yang berkaitan dengan saat ini.

Penjelasan Konsep Waktu dalam Sejarah Terkait Erat dengan Pertanyaan Kejadian Masa Lalu

Ilustrasi Konsep Waktu di Sejarah Terkait Erat dengan Pertanyaan. Sumber: Unsplash/Mr Cup Fabien Barral
Ilustrasi Konsep Waktu di Sejarah Terkait Erat dengan Pertanyaan. Sumber: Unsplash/Mr Cup Fabien Barral

Dalam ilmu sejarah, terdapat istilah konsep waktu. Dikutip dari buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SMP Kelas VII, Anita dan Ridwan (2021), dalam sejarah, konsep waktu sangat penting untuk mengetahui peristiwa masa lalu dan perkembangannya hingga saat ini.

Oleh sebab itu, konsep waktu dalam sejarah terkait erat dengan pertanyaan mengenai kejadian atau peristiwa di masa lalu. Hal itu karena konsep waktu dalam ilmu sejarah artinya adalah masa atau periode berlangsungnya kisah kehidupan manusia.

Sebenarnya konsep waktu tidak hanya berbicara mengenai masa lalu. Karena waktu terbagi menjadi tiga, yakni waktu pada masa lampau, sekarang atau saat ini, dan waktu yang akan datang.

4 Konsep Waktu di Sejarah

Ilustrasi Konsep Waktu di Sejarah Terkait Erat dengan Pertanyaan. Sumber: Unsplash/Joanna Kosinska
Ilustrasi Konsep Waktu di Sejarah Terkait Erat dengan Pertanyaan. Sumber: Unsplash/Joanna Kosinska

Setiap konsep waktu dalam sejarah pastinya akan berkaitan dengan perkembangan kehidupan manusia. Manusia dalam sejarah berperan sebagai objek sekaligus subjek. Adanya sejarah dapat membuat manusia mengetahui dan memahami hal-hal yang terjadi pada masa lampau.

Kejadian yang terjadi di masa lalu dapat digunakan sebagai pedoman untuk masa depan. Dalam sejarah, setidaknya terdapat empat konsep waktu. Konsep waktu tersebut adalah perkembangan, kesinambungan, pengulangan, dan perubahan.

1. Perkembangan

Konsep ini dapat terjadi jika masyarakat yang berperan sebagai subjek dan objek bergerak dari satu bentuk ke bentuk lainnya yang berbeda. Masyarakat melakukan suatu perubahan yang sederhana ke yang lebih kompleks.

2. Kesinambungan

Konsep ini terjadi jika masyarakat baru hanya mengadopsi lembaga-lembaga yang lama. Masyarakat telah mengambil pelajaran pada masa lalu, tetapi tetap mengembangkan dan diterapkan pada masa saat ini.

3. Pengulangan

Konsep pengulangan terjadi jika peristiwa atau kejadian di masa lalu terjadi di masa selanjutnya. Contohnya di Indonesia adalah lengsernya kekuasaan Soekarno dan kembali terulang ketika Soeharto lengser. Peristiwa sejarah dapat terulang dengan dimensi manusia yang sama atau berbeda.

4. Perubahan

Konsep ini terjadi jika masyarakat berhasil mengalami perubahan. Pada umumnya, perubahan terjadi dalam skala yang besar dengan waktu yang relatif singkat. Perubahan tersebut juga biasanya akibat dari pengaruh luar.

Baca juga: Konsep Pengulangan dalam Sejarah dan Contohnya

Demikian penjelasan tentang Konsep waktu dalam sejarah terkait erat dengan pertanyaan mengenai kejadian masa lalu. Semoga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang konsep sejarah. (FAR)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *