• Oktober 26, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Bendera Uni Eropa. Foto: AFP
Bendera Uni Eropa. Foto: AFP

Uni Eropa mengumumkan penundaan peluncuran Sistem Informasi dan Otorisasi Perjalanan Eropa (ETIAS). ETIAS yang sebelumnya akan diberlakukan untuk wisatawan pada tahun 2023, secara resmi ditunda hingga ke Mei 2025 mendatang.

Hal ini telah dikonfirmasi oleh eu-Lisa, lembaga yang bertanggung jawab atas sistem digital ini, seperti dikutip dari The National.

Mereka mengatakan bahwa memerlukan lebih banyak waktu untuk menerapkan sistem tersebut.

Ilustrasi Visa. Foto: Shutterstock
Ilustrasi Visa. Foto: Shutterstock

Menurut laman Schengenvisum.info, penundaan ini disebabkan adanya permasalahan seputar penerapan Entry/Exit System (EES) oleh pihak ketiga, sehingga tidak memungkinkan peluncuran ETIAS sesuai rencana awal. Tanpa EES, ETIAS tidak dapat berfungsi.

Tidak hanya itu, Prancis juga menyerukan penundaan EES dan ETIAS dengan tujuan Olimpiade di Paris pada musim panas 2024 nanti.

Hal itu untuk menghindari antrean panjang dan kekacauan yang mungkin terjadi di area perbatasan atau pintu masuk tiap negara, serta bandara internasional. Sebab, ada banyak pengunjung dari luar UE diperkirakan akan menghadiri acara olahraga tersebut.

Ilustrasi Gen Z traveling di Eropa Foto: Dok. Booking.com
Ilustrasi Gen Z traveling di Eropa Foto: Dok. Booking.com

Menurut perkiraan, sekitar satu juta wisatawan akan menghabiskan musim panas di Prancis karena Olimpiade.

Penundaan ini memungkinkan pemegang paspor bebas visa terus melakukan perjalanan ke negara-negara di kawasan Schengen dan ke Bulgaria, Siprus, dan Rumania tanpa izin perjalanan online lebih lanjut.

Apa itu ETIAS?

Ilustrasi pengajuan Visa Schengen Foto: Shutter Stock
Ilustrasi pengajuan Visa Schengen Foto: Shutter Stock

ETIAS atau Sistem Informasi dan Otorisasi Perjalanan Eropa adalah sistem yang dirancang oleh Uni Eropa, untuk meningkatkan keamanan di zona Schengen dengan memeriksa latar belakang wisatawan sebelum melakukan perjalanan ke Eropa.

Setelah beroperasi penuh, warga negara dari negara yang dikecualikan dari persyaratan visa zona Schengen, akan diminta untuk mendapatkan otorisasi ETIAS sebelum melakukan perjalanan ke negara Schengen.

Proses pembuatan otorisasi ETIAS dapat diperoleh secara online. Wisatawan harus melengkapi formulir aplikasi dan membayar biaya. Setelah disetujui, otorisasi ETIAS berlaku selama tiga tahun, atau hingga masa berlaku paspor pelancong berakhir, mana saja yang lebih dulu.

Tujuan utama ETIAS adalah untuk meningkatkan keamanan internal di negara-negara UE, mengurangi imigrasi ilegal, melindungi kesehatan masyarakat dan mengurangi prosedur administratif untuk kontrol perbatasan.

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *