• Oktober 26, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat memaparkan orasi ilmiahnya terkait program Kartu Petani Berjaya. | Foto : Dok. Pemprov Lampung
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat memaparkan orasi ilmiahnya terkait program Kartu Petani Berjaya. | Foto : Dok. Pemprov Lampung

Lampung Geh, Bandar Lampung – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi resmi mendapatkan gelar Doktor Kehormatan atau Honoris Causa pada bidang Ilmu Ekonomi dari Universitas Lampung.

Pemberian gelar Doktor Honoris Causa ini setelah Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan orasi ilmiahnya terkait program Kartu Petani Berjaya (KPB), di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Lampung, Kamis (26/10).

Pada paparan orasi ilmiahnya di hadapan Rektor Universitas Lampung, Prof Lusmeilia Afriani tersebut, Arinal menjelaskan, program Kartu Petani Berjaya (KPB) merupakan program yang menghubungkan semua kepentingan pertanian dengan tujuan mencapai kesejahteraan petani dan semua pihak yang terlibat dalam proses pertanian secara bersama-sama.

Dengan berbagai program layanan yang diberikan oleh KPB, menurut Arinal, petani akan mendapatkan berbagai keuntungan, yakni kepastian mendapat benih/bibit, pupuk, obat-obatan secara tepat waktu sesuai dengan kebutuhan petani, dan juga kepastian pasar produk pertanian dengan harga yang menguntungkan para petani, serta bantuan permodalan dalam bentuk kredit usaha tani untuk meningkatkan produktivitas usaha tani.

"Selain itu, dengan KPB petani akan mendapatkan bantuan penyelesaian permasalahan petani secara terstruktur, sistematis dan terintegrasi serta berkesinambungan melalui program kartu petani berjaya berbasis digital atau pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)," kata Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi saat menyampaikan paparannya.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi resmi mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Lampung. | Foto : Dok. Pemprov Lampung
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi resmi mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Lampung. | Foto : Dok. Pemprov Lampung

Arinal juga menjelaskan, ada beberapa program layanan KPB, di antaranya meliputi e-Keanggotaan, e-Saprotan, e-puber, e-permodalan, e-Asuransi, e-pemasaran, e-Gudang Ternak, Hallo Medic Vet, e-Alsintan, e-Sertifikat Benih, e-market, e-pasar lelang, e-bantuan, e-beasiswa, e-OKKPD, dan OPT.

"Program Kartu Petani Berjaya (KPB) yang saat ini sudah berjalan dan dirasakan manfaatnya oleh petani, serta telah dikembangkan pula melalui transformasi digital implementasi Kartu Petani Berjaya Berbasis Elektronik (e-KPB) akan semakin dikenal luas serta berkontribusi lebih optimal lagi dalam membangun pertanian terpadu dan berkesinambungan di Provinsi Lampung," jelasnya.

Arinal juga berharap ke depan program KPB dapat terus berjalan, terjaga dan terpelihara fungsinya sebagai katalisator dan model pembangunan ekonomi kerakyatan berkelanjutan.

Sementara usai melakukan pemaparan dan sukses menjawab semua pertanyaan dari Promotor Sidang Komisi Doktor Honoris Causa Unila, Gubernur Arinal Djunadi menerima gelar Kehormatan Doktor Honoris Causa (HC) Bidang Ilmu Ekonomi.

Gelar Kehormatan tersebut diserahkan langsung oleh Rektor Unila Prof Lusmeilia Afriani.

Rektor Unila Prof Lusmeilia Afriani mengatakan, Gubernur Arinal dinyatakan layak menyandang Gelar Doktor Honoris Causa.

"Setelah Komisi Doktor Honoris Causa menilai, dan mendengarkan presentasi Pak Arinal Djunaidi dengan judul program Kartu Petani Berjaya Dalam Membangun Ekonomi Masyarakat Berbasis Pertanian di Provinsi Lampung, maka dengan ini Komisi Promosi Doktor Universitas Lampung, menyatakan layak dan lulus kepada saudara Arinal Djunaidi untuk menyandang Gelar Doktor Honoris Causa Bidang Ilmu Ekonomi," kata dia.

Sementara, atas pemberian gelar Doktor Honoris Causa yang diraih, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan ungkapan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak.

"Penganugerahan gelar ini adalah momentum yang tak terlupakan dalam hidup saya, dan saya ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak, yang telah berperan dalam perjalanan ini, dan tentunya dengan dilandasi rasa syukur kepada Allah SWT atas karunia tak ternilai yang telah dilimpahkan kepada saya dan keluarga," tandasnya. (Lih/Ansa)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *