Jakarta, WK MEDIA

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo buka-bukaan soal kemajuan upaya restrukturisasi atau penyehatan BUMN Karya.

Ia mengatakan ada beberapa perseroan negara yang masih dalam fase penyehatan, seperti PT Waskita Karya Tbk dan PT Wijaya Karya Tbk atau WIKA.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

“Sudah ada rekomendasi perbaikan. Seperti di proses keuangan, proses pengadaan, proses pelaksanaan proyek. Jadi semuanya sudah kami terima rekomendasi dan kami melakukan transformasi besar di Karya,” tutur pria yang akrab disapa Tiko itu di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Minggu (5/5).

“Makanya kita sekarang sedang menyelesaikan restrukturisasi Waskita dan WIKA kan. Mengubah bahwa mereka sehat ke depan,” sambungnya.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah peleburan perusahaan BUMN Karya, yakni Waskita Karya menjadi anak perusahaan PT Hutama Karya. Tiko mengatakan hal ini ditujukan agar tidak ada lagi permasalahan seperti di masa lalu.

Tiko pun mengatakan restrukturisasi Waskita Karya direncanakan rampung pada bulan ini, yakni Mei 2024. Sementara restrukturisasi WIKA sudah selesai.

“Kalau WIKA, MRA (Master Restructuring Agreement)-nya sudah. ​​Yang Waskita sedang diselesaikan dengan obligasi setelah itu. Jadi harusnya Mei ini menyelesaikan Waskita,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan pendanaan untuk restrukturisasi sekarang ditujukan langsung ke proyek, bukan ke korporasi. Ini agar kemajuan penyehatan perusahaan bisa cepat selesai.

“Kalau kemarin-kemarin, sudah menjadi sebuah benang kusut.Tetapi kita tidak patah semangat, karena itu kita perbaiki semuanya,” tutur Erick.

(del/fea)


[Gambas:Video CNN]

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *