• Oktober 18, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Apa Wujud Susu Santan di Akhir Pembuatan Es Krim? - Sumber Unsplash/Dvulikaia
Ilustrasi Apa Wujud Susu Santan di Akhir Pembuatan Es Krim? – Sumber Unsplash/Dvulikaia

Apa wujud susu santan di akhir pembuatan es krim? Sebagian siswa kelas 3 belum berhasil menjawab soal tersebut dengan benar.

Pada semester 1, siswa akan mempelajari tentang konsep perubahan wujud benda. Selanjutnya, siswa akan diajak mengenali contoh perubahan wujud benda di kehidupan sehari-hari.

Apa Wujud Susu Santan di Akhir Pembuatan Es Krim? Ini Jawabannya

Ilustrasi Apa Wujud Susu Santan di Akhir Pembuatan Es Krim?               Sumber Unsplash/Happy_Lark
Ilustrasi Apa Wujud Susu Santan di Akhir Pembuatan Es Krim? Sumber Unsplash/Happy_Lark

Es krim merupakan salah satu contoh peristiwa perubahan wujud benda. Dikutip dari buku Mandiri Belajar Tematik SD/MI Kelas 3 Semester 1, Uly Amalia (2021:125), berikut jawaban untuk soal apa wujud susu santan di akhir pembuatan es krim.

Pembuatan es krim merupakan contoh perubahan wujud benda, dari cair menjadi padat. Peristiwa tersebut disebut membeku.

Susu santan adalah bahan baku dalam pembuatan es krim yang berbentuk cair. Setelah mengalami pendinginan dan perubahan suhu, susu santan menjadi es krim yang berwujud benda padat.

Perubahan Wujud Benda

Ilustrasi Apa Wujud Susu Santan di Akhir Pembuatan Es Krim? - Sumber: Unsplash/Margouillatphotos
Ilustrasi Apa Wujud Susu Santan di Akhir Pembuatan Es Krim? – Sumber: Unsplash/Margouillatphotos

Perubahan wujud benda dapat dipengaruhi oleh suhu, yaitu panas dan dingin. Perubahan wujud benda antara lain sebagai berikut:

  1. Perubahan wujud benda dari padat menjadi cair disebut mencair, meleleh, atau melebur. Sebagian benda padat akan mencair ketika dipanaskan. Contohnya es batu, cokelat, dan mentega.

  2. Perubahan wujud benda dari cair menjadi padat disebut membeku. Contohnya, air yang di dalam freezer akan membeku menjadi es batu.

  3. Perubahan wujud benda dari cair menjadi gas disebut menguap. Perubahan tersebut terjadi akibat pemanasan. Contohnya, baju basah yang mengering ketika dijemur di bawah terik matahari.

  4. Perubahan wujud benda dari gas menjadi cair disebut mengembun. Contohnya, embun yang tampak pada dedaunan karena udara malam atau pagi yang dingin.

  5. Perubahan wujud benda dari padat menjadi gas disebut menyublim. Contohnya, kapur barus yang semakin lama semakin mengecil, lalu habis.

  6. Perubahan wujud benda dari gas menjadi padat disebut menghablur atau mengkristal. Contohnya, embun beku yang menempel di tanaman pagi hari pada negara empat musim.

Baca juga: Penyebab Peristiwa Perubahan Wujud Membeku, Mencair, dan Menguap

Apa wujud susu santan di akhir pembuatan es krim? Pada pembuatan es krim, bahan susu santan yang semula berwujud cair berubah menjadi padat.(DK)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *