Jakarta, WK MEDIA

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menanggapi pernyataan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki yang meminta agar aturan sertifikasi halal tertunda karena pelaku usaha kecil rata-rata belum siap dengan aturan tersebut.

Menurut Zulhas, sampai kapanpun sebenarnya Indonesia tidak akan pernah siap dengan berbagai aturan, termasuk soal sertifikasi halal. Tapi, lanjut dia, tidak siap bukan berarti tidak bisa.

“Kalau enggak siap-siap, kapan siapnya? Yananti setahun lagi, sepuluh tahun lagi, seratus tahun lagi juga enggak siap begitulah. Yaharus kita bor,” kata Zulhas usai santap pagi di salah satu gerai mi yang berada di kawasan Sunter, Jakarta Utara, Sabtu (4/5).

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Menurut dia, aturan sertifikasi halal bagi pelaku usaha kecil dan menengah sangat penting dilakukan. Pasalnya, hal ini berkaitan langsung dengan konsumen.

Konsumen tentu harus mendapatkan kualitas yang bagus saat membeli sesuatu mulai dari kebersihan, kelayakan, hingga halal atau tidaknya barang yang mereka beli tersebut.

“Ini mencakup seluruh konsumen Indonesia yang tiap hari, kan, kami ingin lebih baik. Makanan juga harus higienis, lingkungan juga harus bagus, kanjadi, kan. Semangat untuk hidup sehat dan lain-lain, kan, itu berkembang terus. Masak kita enggak mau berubah,” kata dia.

Mengutip Detik, sebelumnya Teten sempat meminta agar aturan soal sertifikasi halal bagi UMKM ditunda. Usulan tertunda dilakukan agar UMKM lokal yang belum bisa mengurus sertifikat halal tak terikat hukum.

“Kalau terjadi pelanggaran hukum nanti belas kasihan mereka, pasti menghadapi pemeriksaan polisi dan sebagainya,” kata dia.

Aturan soal kewajiban sertifikasi halal bagi pelaku UMKM diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal.

Dalam aturan itu disebutkan bahwa masa penahapan pertama kewajiban sertifikasi halal akan berakhir pada 17 Oktober.

(tst/asr)


[Gambas:Video CNN]

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *